Merebaknya Kasus Virus Corona, Ini Dia Tips Cara Pakai Masker Yang Benar!

Kamis, 30 Jan 2020 - 00:00 WIB

Sobat RDI, maraknya pembicaraan tentang virus corona dari Wuhan, China membuat kita harus lebih waspada. Salah satu cara untuk waspada adalah kita wajib menggunakan masker selama beraktivitas. Nah tapi, di media sosial banyak perdebatan soal penggunaan masker yang benar. Wakil Direktur Pusat Kolaborasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Seto Wing Hong, menjelaskan cara menggunakan masker yang tepat menurut WHO, sebagai antisipasi dari merebaknya kasus virus corona di dunia.

1.    Kenalilah bagian-bagian masker dengan tepat

Wing Hong menjelaskan bahwa hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih masker pelindung yang tepat.
Dia menjelaskan bagian-bagian masker yang perlu di mengerti terlebih dahulu, yakni bagian yang menyerap air dan anti-air (waterproof).

“Kamu bisa lihat, ada warna biru atau hijau di bagian luarnya, karena ini anti-air, dan ketika ada warna putih di bagian dalam yang merupakan penyerap, jadi ketika saya batuk dia akan menyerapnya” ucapnya.

2.    Gunakan dengan cara yang benar

Pengguna masker harus menggunakan bagian yang anti-air di luar (bagian berwarna), dan yang menyerap air di bagian dalam (berwarna putih).

“Kamu akan melihat orang menggunakannya seperti ini, itu sangat salah (terbalik),” ujar Wing Hong ketika mempraktekan cara pakai yang salah.

Dia juga menjelaskan bagian batang masker yang ada di atas. Bagian itu harus digunakan dengan benar, yakni digunakan di bagian hidung dan ditekan, dan menurunkan bagian bawahnya hingga ke bawah dagu.

“Sangat penting karena kamu tidak ingin masker itu jatuh,” kata dia.

3.    Pasang mindset bahwa masker adalah benda kotor, jadi cucilah tangan setelah melepasnya

Wing Hong juga mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan masker dengan salah, seperti meletakkannya di bawah hidung atau di bawah dagu layaknya dokter yang biasa kita lihat.

"Karena ketika kamu mengenakan masker, kamu harus menganggapnya kotor, dan ketika kamu melepasnya, jangan kamu sentuh," kata dia.

Pastikan untuk mencuci tangan setelah menyentuh masker, karena masker yang sudah digunakan adalah benda yang kotor.

Dan juga pastikan ketika ingin membuka masker untuk tidak menyentuh bagian depan masker (bagian berwarna) tetapi lepas dengan memegang bagian tali yang menyangkut di telinga.

*diolah dari berbagai sumber.