Ini Dia! Cara Ampuh Basmi Rayap Gerogoti Perabot Rumah. Selamatkan Sebelum Habis Rata!

Kamis, 23 Jan 2020 - 00:00 WIB

Kamu pasti punya dong perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu? Apalagi ibu-ibu nih yang suka banget ngoleksi rak-rak yang terbuat dari kayu untuk mempercantik rumah. Tapi sering gak sih ngerasa takut ada binatang rayap yang suka ngabisin perabot kayu di rumah? Tau sendiri kan perabot kayu itu harganya gak murah. Ditambah penampilannya jadi gak enak dilihat kalo perabot kayu udah bolong-bolong di makan rayap.

Nah, Sobat RDI kita punya nih cara ampuh basmi rayap biar selamat dari keroposnya perabotan kayu! Caranya yang pasti gampang banget buat diikutin Sobat RDI!

1.    Jemur perabot yang digerogoti rayap di bawah sinar matahari langsung

Nah cara ampuh yang pertama gampang banget nih Sobat RDI. Kalo perabot kayu kamu sudah mulai digerayangi rayap, kamu tinggal jemur perabot kayu kamu di bawah sinar matahari karena rayap itu paling gak suka udara hangat dan cahaya yang terang. Kalo kamu males buat angkat-angkat perabot kayu kamu karena berat, buka jendela atau pintu disekitar perabot agar cahaya terik matahari dan udara hangat dapat masuk.

2.    Buat jebakan dengan kardus untuk mengecoh rayap

Cara ampuh yang kedua ini bisa kamu lakukan kalo kamu udah tau dimana rayap bersarang. Kamun tinggal ambil kardus gak kepakai terus kamu basahi kardusnya. Nah setelah itu kamu taruh deh di area sekitar sarang rayap. Rayap akan dengan cepat mengerubungi kardus basah tersebut. Kalo rayap udah berkumpul kamu tinggal angkat kardus keluar dan bakar deh agar rayap mati. Memang terdengar agak sadis ya Sobat RDI~

3.    Buat semprotan anti rayap dari air bekas cucian beras

Nah ada lagi nih cara ampuh yang lebih gampang buat diikutin Sobat RDI. Kalo kamu selesai cuci beras untuk dimasak, jangan langsung dibuang ya airnya karena ternyata air bekas cucian beras ini berguna banget buat basmi rayap. Caranya gampang banget, campur air cucian beras dengan minyak tanah lalu semprotkan ke parabot kayu. Rayapnya gak mati sih tapi setelah beberapa lama akan pergi kok!

4.    Gak cuma untuk perasa masakan, air garam bisa dimanfaatin untuk usir rayap!

Sebelum menyemprot dengan air garam, Sobat RDI bisa taruh kapur barus dulu disekitar perabot kayu yang dikerubungi rayap. Biar lebih cepet hilangnya, kamu bisa buat semprotan air garam yang paling asin, karena semakin asin air semprotannya akan semakin cepat hilang lho.

Nah itu dia beberapa cara ampuh basmi rayap yang bisa kita kasih tau ke Sobat RDI sekalian. Sebenarnya gak cuma perabot kayu aja sih yang bisa di makan rayap, bisa juga dokumen-dokumen penting lho. Untuk menghindari hal itu kamu bisa bersihkan secara rutin dokumen-dokumen penting tersebut ya Sobat RDI.