Waspada! Tilang Elektronik Untuk Sepeda Motor Berlaku Februari 2020

Kamis, 23 Jan 2020 - 00:00 WIB

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan segera diberlakukan bagi sepeda motor. Kebijakan tilang elektronik akan akan resmi diberlakukan mulai 1 Februari 2020 mendatang.

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar menjelaskan bahwa tilang elektronik yang diberlakukan terhadap roda dua ini tidak berbeda dengan tilang elektronik yang diberlakukan kepada roda empat.

"Betul (ETLE motor berlaku 1 Februari 2020). Pelaksanaannya dan sistemnya enggak berubah cuma masalah fitur tambahan sepeda motornya saja," kata dia, dikutip iNews.id, Rabu (22/1/2020).

Kebijakan ini akan baru disosialisasikan mulai 1 Februari 2020 oleh Polda Metro Jaya yang berlangsung selama 7 hari. Setelah itu, penindakan hukum berupa sanksi bagi pelanggar akan diterapkan.

Tilang elektronik baru akan diberlakukan untuk kendaraan dengan nomor polisi asal Jakarta atau plat B. Sedangkan plat selain itu di daerah lain belum diberlakukan.

Untuk pemberlakuan tilang elektronik pertama, Fahri menegaskan bahwa, Polda Metro Jaya hanya memberlakukan tilang elektronik motor di tiga ruas jalan. Yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Koridor 6 Transjakarta atau sepanjang Mampang hingga Ragunan.

 

sumber : iNews.id