10 Negara Ini Diprediksi Memimpin Perdagangan Dunia 2050, Ada Indonesia?
Thursday, 28 December 2017
10 Negara Ini Diprediksi Memimpin Perdagangan Dunia 2050, Ada Indonesia?

Sebuah prediksi mencengangkan datang dari dunia perekonomian. Prediksi ini menyebutkan bahwa bakal ada negara-negara baru yang akan menjadi raksasa perdagangan pada tahun 2050 mendatang. Indonesia yang selalu menyandang status negara berkembang diramal akan naik kasta dan turut menjadi penentu perekonomian dunia.

Perekonomian tengah lesu dan membuat resah semua negara di dunia. Tiongkok yang digadang-gadang memiliki perekonomian paling stabil juga turut menunjukkan penurunan. Dan negara adidaya seperti Amerika Serikat masih terseok-seok dari carut-marut ekonomi dan politik yang berkepanjangan.

Angin segar pun mulai berhembus dari seorang ekonom kenamaan, Willem Buiter yang menyatakan bahwa krisis ekonomi akan segera berlalu. Bersama-sama dengan tim riset Citigroup, Willem memprediksi bakal ada 10 negara baru yang akan menjadi raksasa perdagangan di tahun 2050. Berikut negara-negara yang akan menjadi bagian dari top ten perekonomian dunia, seperti dikutip dari Swara Tunaiku.

#10. Inggris

Sempat diterpa isu perekonomian yang cukup pelik, Inggris diprediksi akan bertahan di posisi kesepuluh raksasa perdagangan dunia. Pasalnya, Inggris diprediksi akan mampu membukukan perekonomian global dengan angka yang fantastis. Dan pada tahun 2050, 2,1 persen perekonomian dunia akan ada dalam genggaman Inggris dengan nilai $6,02 triliun.

#9. Singapura

Peningkatan cukup signifikan diperkirakan akan terjadi para perekonomian negara Singapura. Pada tahun 2030, Singapura akan menguasai 2,7 persen perdagangan global dengan angka $3,2 triliun. Belum lagi pada tahun 2050 yang mencapai angka $6,8 triliun atau sebesar 2,4 persen!

#8. Jepang

Persoalan ekonomi yang berkepanjangan tak membuat Jepang kehilangan kekuatannya. Pada tahun 2050 mendatang, Jepang diperkirakan akan menempati posisi kedelapan dengan pangsa pasar 2,7 persen dan membukukan $7,6 triliun.

#7.Hongkong

Perekonomian Hongkong akan merangkak naik dengan stabil. Prediksi Citigroup menyebutkan bahwa pada tahun 2050, nilai perdagangan Hongkong mampu mencapai pangsa pasar hingga 2,3 persen dengan nilai $8,5 triliun. Sebelumnya, pada tahun 2030 diprediksi akan memiliki nilai perdagangan sebesar $3,8triliun. Tak ada yang menduga bahwa Hongkong yang tak masuk 10 besar pada tahun 2010 ini mampu menempati posisi ketujuh di masa depan. 

#6. Indonesia

Isi-isu perekonomian yang membuat cemas masyarakat akhir-akhir ini, ternyata berbanding terbalik dengan prediksi dari Citigroup. Perlahan tapi pasti, perekonomian Indonesia akan terus meningkat, bahkan akan menjadi salah satu raksasa perekonomian dunia di tahun 2050. Kita dapat mengantisipasi kenaikan perekonomian dengan nilai $8,8 triliun atau setara dengan 3,1 persen pangsa pasar dunia.

#5.Korea Selatan

Sumbangsih perekonomian Korea Selatan diramalkan akan mencapai 3,4 persen dengan nilai $9,7 triliun. Peningkatan ini sangat dipengaruhi dengan keunggulan teknologi digital yang menjadi trademark Korea Selatan.

#4. Jerman

Di antara negara Eropa lainnya, Jerman merupakan negara dengan perekonomian yang cukup stabil. Karenanya, jika negara ini masuk sebagai salah satu raksasa perdagangan dunia di masa depan tak lagi mengejutkan. Jerman disebutkan mampu menguasai 3,5 persen pangsa pasar dunia dengan nilai  $9,9 triliun.

#3. Amerika Serikat

Saat ini, Amerika Serikat masih menempati posisi teratas sebagai pemimpin perekonomian dunia. Namun, diperkirakan Amerika Serikat akan tergeser dari posisi atas dan harus puas dengan posisi ketiga. Diperkirakan Amerika Serikat akan menguasai total perdagangan sebesar $19, 1 triliun dengan pangsa pasar senilai 6,6 persen.

#2. India

Salah satu penentu tingkat perekonomian suatu negara adalah  populasi penduduknya. Diramalkan akan mengalahkan Amerika Serikat, India meraup pangsa pasar sebesar 9 persen dengan nilai perdagangan  $25,7 triliun.

#1. Tiongkok

Kekuatan perekonomian Tiongkok memang dianggap mengancam penguasa-penguasa perdagangan sebelumnya. Kenaikan yang cukup signifikan menunjukkan betapa besar geliat perekonomian negara dengan populasi terbanyak di dunia ini. Bayangkan saja, pada tahun 2050 nanti pangsa pasar Tiongkok akan mencapai 18,2 persen dan akan membukukan $52,2 triliun.

Semoga saja prediksi dari Citigroup ini akan memberikan dampak positif pada perekonomian Indonesia ya. Jika ramalan ini benar-benar terjadi, kita bisa melihat bahwa kehidupan masyarakat Indonesia akan lebih layak di masa depan.

Omong-omong kota-kota di dunia, sepertinya seru juga kalau bisa liburan ke berbagai negara. Oh iya, ada pula informasi seru terutama untuk kamu perempuan yang ingin solo travelling ke luar negeri. Ini dia 7 kota di dunia yang ramah untuk solo travelling dari artikel Swara Tunaiku.