Telan 9 Korban sejak Awal 2017, Wisatawan Dilarang Berenang di Pantai Garut
Monday, 22 May 2017
Telan 9 Korban sejak Awal 2017, Wisatawan Dilarang Berenang di Pantai Garut

BANDUNG - Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan, kawasan objek wisata pantai selatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat berbahaya untuk berenang bagi wisatawan karena ombaknya mengancam keselamatan jiwa.

"Kalau Rancabuaya itu tidak boleh berenang, di setiap pantai sudah dipasang plang larangan berenang, cuma memang tidak banyak," kata Bupati usai upacara di lapangan Sekretariat Daerah Garut, Senin (22/5/2017).

Ia menuturkan, Kabupaten Garut memiliki objek wisata pantai yang menarik terbentang dari mulai perbatasan Kabupaten Cianjur hingga Kabupaten Tasikmalaya. Wisatawan dimintanya untuk memahami karakter laut di Garut yang membentang langsung ke Samudera Hindia yang seringkali gelombang lautnya besar.

Pemerintah Kabupaten Garut tidak merekomendasikan wisatawan berenang di wilayah laut selatan Garut, termasuk di wisata Pantai Santolo juga hanya diperbolehkan di pinggiran pantai. "Kami akan memberikan warning kepada mereka, agar tidak melanggar plang larangan," katanya.

Sebelumnya, sejak awal 2017, objek wisata pantai di Garut telah menelan sembilan korban jiwa menimpa wisatawan saat berenang di pantai.

Terkait minimnya petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Garut untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan memang masih minim untuk mengawasi Pantai Garut sepanjang 84 kilometer.

"Keberadaan balawista untuk membantu penjagaan pantai, selama ini petugas pantai selatan Garut sepanjang 84 kilometer masih kurang," katanya.

(okezone/qlh)