NATASHA WILONA TOLAK GAGASAN FULL DAY SCHOOL

Rabu, 10 Agu 2016 - 00:00 WIB

JAKARTA - Demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy berencana menetapkan kebijakan full day school bagi para siswa sekolah.

Bersamaan dengan munculnya wacana tersebut, suara-suara penolakan atas kebijakan full day school pun mulai turut mencuat ke permukaan. Tak hanya muncul dari kalangan masyarakat, sejumlah artis rupanya juga ikut menyuarakan penolakan.

Salah satu artis yang menentang wacana full day school ini adalah aktris Natasha Wilona. Bagi pemeran Reva dalam sinetron Anak Jalanan RCTI, penambahan jam belajar di sekolah tidak memberikan dampak yang positif bagi seorang siswa.

"Kalau aku pribadi yang pernah ngerasain sekolah dari jam 7 sampai setengah 2 itu saja sudah capek banget, apalagi kalau seharian. Memang buat some people, itu bagus kalau kita belajar terus, tapi menurut aku, itu malah bisa jadi titik jenuh buat anak-anak dalam belajar," ujar Natasha Wilona saat ditemui di kawasan Ceger, Jakarta (9/8/2016).

Lebih lanjut, Wilona juga menyebutkan, penerapan pendidikan formal yang lebih santai justru dapat memberikan efek yang lebih positif dibandingkan dengan memaksa seorang siswa untuk belajar selama seharian penuh.

"Harusnya malah pendidikan itu dibikin santai, supaya mereka bisa menikmati. Jadi jangan bikin anak-anak stres, karena otak punya limit juga. Kadang kalau kita belajar terlalu banyak mata pelajaran itu malah enggak masuk sama sekali," papar Wilona.

(okz/aln)