Proses Lahiran Lama Menegangkan, Shireen Dibantu Kekuatan Doa

Kamis, 28 Jul 2016 - 00:00 WIB

Proses persalinan tidak selalu berjalan mulus dan lancar. Ada kalanya mereka yang hendak melahirkan mengalami hal-hal tak terduga, seperti artis cantik, Shireen Sungkar. Ya, Hari Senin (25/7) kemarin, istri dari Teuku Wisnu itu melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin perempuan, Cut Hawwa Medina Al-Fatih.

Shireen mengaku jika dirinya mengalami banyak kejadian menarik saat usia kandungannya mendekati minggu-minggu terakhir. Lewat situs resminya, www.shireen-sungkar.net, bintang sinetron Cinta Fitri itu menuliskan secara detail bagaimana proses persalinannya yang cukup menguras tenaga.

 

"Hi mommies, mau cerita tentang pengalaman melahirkan anakku yang kedua. Jadi sebenarnya usia kandungan menurut HPHT-nya udah 39 weeks dan menurut USG sudah 40 weeks, janin sudah 3.3 kilo. Jujur badanku udah di ambang lelah dan pengen banget cepat-cepat melahirkan karena ada masalah sama pinggang yang sakit banget. Waktu usia 38 minggu konsul ke dokter dan memutuskan mau diinduksi aja kayak anak pertama dengan harapan sebelum waktu-nya induksi sudah melahirkan. Selama seminggu itu berdoa terus, berharap ada mules dan kontraksi yang beneran bukan braxton hix atau kontraksi palsu. Akhirnya waktu hari Minggu, 24 juli udah pasrah dan agak sedih juga ngebayangin, 'Ya Allah harus melewati induksi lagi'," tulis Shireen.

Shireen beberapa kali kena PHP dengan yang namanya kontraksi. Ya, ketika sudah terlanjur berharap untuk segera melahirkan, ternyata Ia berkali-kali mengalami kontraksi palsu sehingga harus bersabar untuk menunggu lebih lama lagi menjalani proses persalinan.

 

"Mencoba untuk relax, jadi ya masak-masak, beresin rumah, beresin lemari, beresin kamar, pokoknya beberes lah sampai akhirnya kontraksi. Jujur aku lupa kontraksi itu gimana karena waktu Adam kontraksinya dibuat dipancing dari induksi. Nah, jadi aku bingung yang natural itu gimana hehehe. Sampai berapa minggu sebelumnya pernah ke RS buru-buru, eh taunya kontraksi palsu. Akhirnya hari itu aku mulai kontraksi dari abis Ashar sampai jam 3 pagi. Kontraksi itu rasanya seperti sakit haid tapi berkali-kali lipat. Sakit nya dari bawah sampai ke pinggang dan tanda mau melahirkan lainnya berapa hari sebelum-nya aku sakit punggung tiba-tiba. Kontraksi aku tahan karena nggak mau salah lagi kayak waktu itu. Cuma penasaran, kok kontraksi terus, akhirnya coba itung pake aplikasi kontraksi di appstore ternyata udah 10 menit sekali. Hmmm galau deh, tapi tetep aku tahan sampe jam 3 pagi. Akhirnya nggak kuat, bangunin Wisnu deh, 'Bi aku mules banget nih'. Wisnu langsung nyuruh ke RS tapi aku masih galau karena tiba-tiba ilang lagi kontraksinya. Nah, mama mertuaku maksa harus ke RS daripada ada apa-apa tapi aku galaunya kan nanti jam 8 pagi juga induksi, ya udah ntar aja. Setelah dipaksa dan dirayu ya udah menuruti mama mertuaku untuk ke RS," lanjut adik dariZaskia Sungkar itu.

 

"Sampai di RS ternyata ada saudara-saudara dan kontraksi ilang, Cek pembukaan masih nggak ada bukaan, ya ampun drop say hahaha. Di situ aku drop banget loh karena sakit udah bangetan, tapi kok nggak ada bukaan sampai bilang ke suami, 'Bi mau sakit kayak apa sih sampai ada bukaan?' Akhirnya memutuskan langsung nunggu aja di situ sambil istirahat toh jam 8 pagi mau diinduksi tapi kata bidan mau dipercepat jam setengah 7. Badan lemes denger induksi lagi. Dari situ sampai bidan dateng kontraksi nggak selesai malah tambah intens dan flek pun makin banyak jadi darah seger pas bidan datang bawa pil induksi aku langsung kekeh. 'Bu periksa dalem dulu ya, saya yakin ada bukaan', bidannya langsung periksa dalem dan Alhamdulillah udah bukaaan 4. Ya Allah akuspeechless yang tadinya aku udah drop jadi semangat dan bersyukur banget, doa aku bener-bener dikabulin Allah, bisa normal tanpa induksi. Bisa-bisanya kontraksi bukaan alami di hari aku booking induksi Masya Allah. Akhirnya dari bukaan 4 jam setengah 7 aku coba merem-merem istirahat, tapi kontraksi udah mulai 5 menit sekali dan ya kalau sakit jangan ditanya setiap kontraksi datang aku selalu coba atur nafas untuk ilangin rasa sakit, 'Tarik nafas buang'. Dalam hati Istighfar dan baca, 'La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzhalimin. Ya Allah, tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sungguh aku ini termasuk orang-orang yang zalim'," sambungnya.

 

Meski sempat mengalami banyak masalah, namun Shireen tak pernah berhenti memanjatkan doa-doa agar Ia diberi kelancaran dalam melahirkan. Walhasil, doa wanita berusia 24 tahun inipun terjawab. Selama proses buka jahitan, semuanya tiba-tiba jadi sangat lancar dan cepat tanpa hambatan.

"Ketika kita ditimpa musibah atau dalam keadaan diuji, kita diajarkan untuk membaca apa yang dibaca oleh Nabi Yunus, lalu kita pun melafazkan-nya. Setelah itu doa minta dilancarkan, itu aja aku ulang-ulang. Alhamdulillah dari bukaan 4 sejam kemudian dicek udah bukaan 7, kontraksi udah nggak karuan, dicek lagi bukaan 9 nggak nyangka secepat itu sampai keluarga belum pada sampai. Dan tiba-tiba di bukaan 9 kontraksi ilang bidan lapor dokter akhirnya diputuskan untuk pasang infus untuk mengatur kontraksi karena bahaya kalo udah lahiran takutnya susah keluar ari-arinya dan bisa pendarahan, duh ada lagi. Ya udah apa aja lah, yang penting aman. Di bukaan 9, akhirnya ketuban pecah Ya Allah itu rasanya mau ngeden aku udah teriak tapi nggak boleh. Rasanya sesuatu ya, badan Wisnu sih udah abis tak bejek, apalagi dia sempet ngeselin pas aku praktekin hypnobirthing, ucapin hah hah hu (agak heboh) sambil mikir anak aku udah di jalan lahir, eh dia ketawa ngeselin. Alhamdulillah nggak sampai setengah jam pembukaan 10. Alhamdulillah pukul 8.55 pagi Cut Hawwa Medina Al-Fatih lahir dengan pipi tumpahnya, berat 3,440, panjang 50. Bahagia nggak bisa diungkapin pas ngeliat mukanya dan mulailah proses penjahitan. Intinya aku bersyukur sekali dapet karunia luar biasa, setelah laparoskopi kista hanya jeda sebulan dikasih kepercayaan hamil lagi. Sekarang aku mau induksi, eh bisa normal tanpa induksi. Beruntunglah kita selama masih bisa berdoa sama Allah, Insya Allah jika kita sungguh-sungguh Allah akan jawab doa kita. Buat ibu-ibu yang sedang mengandung jangan lupa terus berdoa, mudah-mudahan lancar dan yang belum hamil terus berdoa, Insya Allah segera dikasih kepercayaan sama Allah karena bagi Allah nggak ada yang nggak mungkin," pungkas tulisan itu.

 

Congrat buat kelahiran anak keduanya ya Shireen dan Wisnu! (kpl/gtr)