Happy Salma Sempat Tolak Perankan Nyai Ontosoroh

Selasa, 21 Jun 2016 - 00:00 WIB

Jakarta - Aktris Happy Salma tak hanya menjadi produser dalam pementasan 'Bunga Penutup Abad' yang diselenggarakan oleh Titimangsa Foundation dan Yayasan Titian Penerus Bangsa. Namun, dia kembali berperan sebagai NyaiOntosoroh. 

Karakter tersebut pernah dimainkannya saat Happy perdana menjajal kemampuannya di atas panggung teater. Meski begitu, perempuan kelahiran 4 Januari 1980 itu sempat menolaknya. 

"Tapi mungkin Kang Wawan bilang hanya saya yang bisa memerankannya, jadi ya sudah. Karena saya tidak mungkin memerankan Annelies, cewek-cewek bule gitu. Perawakannya saja sudah tidak pas," ujarnya terkekeh ketika ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2016). 

Pada 2007 di Graha Bakti Budaya, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM),Happy pernah terlibat dalam pementasan Teater Nyai Ontosoroh bersama sutradara Wawan Sofwan dan pernah diboyong untuk dipentaskan di Belanda. Karakter perempuan Jawa juga pernah dilakoni Happy ketika bermonolog 'Inggit Ganarsih' di STSI Bandung (2011) yang juga dipentaskan ulang di TIM dua tahun lalu. 

"Buat saya naskahnya berat banget dan tantangan luar biasa buat saya. Itu lumayan pekerjaan rumah banget, meski di awal saya bilang jangan Happydeh," tambah dia lagi. 

Dia pun mengakui harus memulai proses menjadi Nyai Ontosoroh kembali dari angka nol. "Lebih dari 10 tahun lalu, lebih baik naskah baru dan nggak apa-apa deh banyak tantangannya," tutup ibu dari Tjokorda Sri KinandariKerthyasa. 

Pementasan teater 'Bunga Penutup Abad' diselenggarakan pada 25-26 Agustus di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jakarta Pusat. 


(dtk/tia/tia)